Langsung ke konten utama

Artikel Lengkap Tentang Bisnis Online Untuk Kelas 11 SMK


ARTIKEL BISNIS ONLINE

Pengertian dan definisi bisnis online adalah semua kegiatan usaha yang memanfaatkan internet untuk media marketing, entah itu melalui search engine, maupun mandiri menggunakan blog atau website e-commerce. Bisnis internet sebenarnya sama saja dengan bisnis konvensional pada umunya hanya saja melalui internet jangkauan pasar dan market lebih luas baik lokal bahkan internasional.

Bisnis online memang mudah di buat dan mudah menguntungkan di banding bisnis offline.
bisnis online murah bahkan ada yang gratis sedangkan bisnis offline mengeluarkan biaya yang mahal,misalnya membayar sewa gedung,menggaji pegawai dll. bisnis online dapat dikunjungi oleh seluruh dunia sedangkan bisnis offline jangkauan pengunjung terbatas.bisnis online keuntunganya banyak dan sedangkan bisnis offline keuntunganya tergantung modal.



Menjalankan bisnis berbasis online, Anda tentu akan membutuhkan sejumlah pengetahuan mengenai marketing. Bisnis online akan memberikan kesempatan yang sangat luas untuk berkembang setiap saat sesuai dengan perkembangan/tren yang terjadi.

Namun, hal ini juga tentu menjadi tantangan besar di mana setiap saat akan terjadi perubahan dengan cepat dalam bisnis global. Yang jadi pertanyaan adalah apakah Anda siap untuk mengikutinya setiap waktu?

Untuk tetap bertahan di bisnis ini, Anda wajib menguasai internet marketing. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemasaran bisnis secara maksimal. Hal ini mungkin tidak akan mudah, mengingat tingginya tingkat persaingan yang terdapat di dunia bisnis online sehingga akan membutuhkan berbagai macam strategi jitu dalam pemasaran yang akan dilakukan.

Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk tetap eksis dalam bisnis ini adalah dengan cara memaksimalkan content marketing. Pada dasarnya, untuk semua bisnis online yang menggunakan website, blog, social media, ataupun marketplace lainnya, penggunaan content marketing menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini akan memudahkan penyampaian setiap promosi yang dilakukan di mana hal tersebut dapat diterima dengan lebih baik dan menarik oleh para pelanggan.

Pemasaran yang biasa-biasa saja tentu akan membosankan dan membuat pelanggan enggan untuk berkunjung ke website Anda. Hal ini pasti akan menjadi kendala besar dalam perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Untuk mengatasi inilah, content marketing dapat dilakukan di mana bentuk pemasaran akan menjadi lebih terarah dan tidak terkesan memaksa dan membosankan bagi para pelanggan. Berikut ini beberapa alasan mengapa content marketing sangat dibutuhkan dalam pengembangan bisnis.

1.      Content Punya Nilai yang Membuatnya Menarik dan Patut Dibagikan
Content marketing yang bagus dan menyasar pada target pembaca akan membuat visitor/pelanggan begitu senang untuk membagikannya melalui social media mereka. Hal ini tentu akan mempermudah dalam melakukan kegiatan promosi bisnis Anda. Pelanggan akan sukarela turut serta dalam mengembangkan bisnis tersebut dengan cara membagikan content yang memang layak diketahui.

Namun, hal ini juga bukan sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Keterampilan Anda dalam membuat content yang berkualitas akan sangat dibutuhkan. Pelanggan akan malas ketika membaca content yang membosankan, biasa, memaksa, “garing”, dan tidak memiliki kualitas/informasi yang berguna. Karena itu, sangat penting untuk memahami dengan baik apa dan bagaimana sebenarnya content punya pengaruh siginifikan dalam bisnis online Anda.

Jika telah memahami hal di atas, Anda jadi tahu bagaimana menghasilkan content yang berkualitas. Artinya, content tersebut menjawab kebutuhan pelanggan dengan baik, membuat pelanggan tertarik, dan akhirnya men-share-nya. Dengan begitu, banyak visitor baru berdatangan dan melihat produk Anda sehingga dengan sendirinya angka penjualan akan mengalami peningkatan.

2.      Website Terlihat Fresh dan Dinamis karena Content
Pada dasarnya, orang-orang yang gemar belanja online saat ini sudah semakin cerdas. Mereka tidak akan membeli dan menggunakan produk sambil “menutup mata”. Sebab mereka tidak memiliki sejumlah informasi yang lengkap tentang produk yang akan dibeli. Hal inilah yang akan dijawab content yang Anda posting di website.

Visitor tidak akan mengambil keputusan dengan mudah. Sebab mereka butuh informasi selengkap-lengkapnya hingga mereka yakin mau membeli, termasuk dengan keberadaan sejumlah informasi yang diberikan content marketing yang disediakan di website Anda. Namun, apakah hal ini saja cukup?

Tentu saja tidak. Sebab visitor akan sangat tertarik pada berbagai content yang baru dan dapat memenuhi semua rasa ingin tahu mereka. Hal ini membuat Anda harus selalu memproduksi terus content yang baru di website Anda. Selalu perbarui content dan buatlah makin baik serta informatif sehingga visitor tidak akan kecewa ketika datang dan menemukan content yang itu-itu lagi.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada tertarik atau tidaknya visitor untuk melakukan pembelian, termasuk kembali atau tidaknya visitor. Jangan bosan untuk selalu menyediakan content yang baru dan tentunya yang berkualitas baik sehingga rasa ingin tahu visitor terpenuhi dengan baik.


3.      Content Jadi Pilihan Hemat dan Efektif Mempopulerkan Brand
Keseriusan Anda dalam membuat dan menyediakan content yang berkualitas akan membantu dalam memaksimalkan kegiatan promosi terhadap bisnis yang dijalankan saat ini. Ini bahkan bisa menjadi jalan utama dalam kegiatan marketing. Karena itu, selalu pastikan Anda melakukannya dengan baik dan tepat.

Berikan waktu untuk menyediakan dan mem-posting berbagai content yang menarik. Akan lebih baik jika ini dilakukan dengan terjadwal. Anda memiliki waktu-waktu terbaik untuk melakukannya. Hal ini akan membantu untuk dapat merangkul pelanggan dan membuat mereka mengingat dengan baik kapan Anda akan menghadirkan content baru.

Jika konsisten melakukan ini, pelanggan juga akan lebih mudah mengingat dan mengenal brand Anda dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan begitu, peningkatan penjualan akan semakin mungkin tercapai. Jadwalkan kegiatan posting secara berkala sehingga peluang terciptanya angka penjualan akan semakin besar.

Semakin banyak melakukan kegiatan posting ini, semakin besar kemungkinan pelanggan akan melakukan pembelian. Sebab mereka akan semakin kenal dengan brand Anda. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan yang sangat baik untuk bisa meraih pelanggan baru.










5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Online
1.       Fokus
Di saat memulai bisnis online, fokuskan ke satu bidang dulu, supaya konsentrasi tidak terpecah, dan usahakan pilih usaha yang bisa segera mendatangkan penghasilan (yang penting dapur mengepul dulu).

2.       Pilih Produk
Meskipun berbau “online”, pemilihan produk tdk harus yg bersifat digital product seperti ebook, tools, software, dll.. tetepi bisa juga yang bersifat fisik, seperti jual makanan, jual pakaian, jual mainan, dll dll.

Tipsnya adalah, cari produk yang Anda pahami. Jangan sekali-kali jual barang yang tidak Anda kuasai seluk beluknya. Karena Anda akan butuh waktu untuk mempelajari product knowledge dan lain sebagainya.

3.       Buat Lapak
Segeralah buat lapak online untuk menggelar dagangan kita. Resource nya bisa pakai website gratis atau situs-situs marketplace yg banyak tersedia, syukur-syukur mau memakai domain berbayar dan hosting sendiri.

Lapak online bisa diibaratkan kantor / toko kita di dunia maya. Tidak ada lapak = tidak ada toko = tidak ada tempat untuk berjualan.

4.      Pemasaran
Pada tahapan awal, disamping fokus ke jualan, jangan lupa sisihkan anggaran untuk pemasaran. Bisa pakai optimasi SEO, atau iklan di social media seperti FB Ads. Intinya adalah gunakan internet sebagai tools atau sarana, untuk menyebarkan informasi ke orang lain (promosi).

5.      Bangun Aset
Biasakan sejak awal memulai bisnis online, mindset kita adalah bangun aset.. bangun aset.. dan bangun aset.. baik aset tangible ataupun aset intangible.











Dimanakah Tempat Untuk Melakukan Promosi Online?
Salah satu kebutuhan ketika hendak berbisnis online, adalah tempat untuk melakukan promosi online.

Ya, karena bagaimana pun juga, ujung tombak dari suatu bisnis adalah penjualan. So, tempat ini adalah salah satu hal yang urgent..

Beberapa tempat yang bisa dipakai buat promosi sekaligus berjualan online antara lain:

1.      Mesin pencari (dengan metode SEO).
2.      Social media, seperti Facebook, Twitter, dll dll (dengan metode SMO).
3.      Marketplace, seperti OLX, Bukalapak, Tokopedia, dll dll..
4.      Bikin website bisnis sendiri, seperti web company profile, atau web toko online.
5.      Email marketing, dengan cara membangun list email terlebih dahulu, selanjutnya lakukan promosi melalui email list tadi.

 3 Strategi SEO Yang Penting Dalam Bisnis Online
SEO adalah cara menarik pengunjung melalui mesin pencari. Karena mesin pencari paling banyak digunakan ketika orang mengunjungi internet, maka penting buat pebisnis online memahami cara kerja SEO dan menggunakannya untuk meningkatkan trafik.
Menurut riset, hampir 70 sd 80 persen orang mencari informasi melalui mesin pencari atau search engine. Oleh sebab itu, para pebisnis online harus mengetahui cara supaya situs mereka muncul di mesin pencari.
Dari analisa, hasil mesin pencari, yang penting adalah muncul di halaman pertama (page one). Karena mayoritas berhenti di halaman pertama dan tidak melanjutkan ke halaman kedua.
Dengan mengerti strategi membangun Search Engine Optimization (SEO), internet marketer bisa menarik banyak pengunjung secara gratis. Yang membedakan SEO dengan strategi online lain adalah cara ini bersifat gratis.







Berikut ini adalah 3 strategi yang penting dalam membangun SEO yang efektif dan aman:

#1 Menyajikan Konten Terbaik
Kita perlu pahami bagaimana mesin pencari bekerja. Pada dasarnya, search engine ingin menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari oleh pengguna.
Search engine tidak ingin menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna. Karena jika konten yang dihasilkan tidak sesuai, itu akan mengecewakan pengguna dan ujung-ujungnya search engine tidak akan digunakan lagi.
Oleh karena itu, mesin pencari sangat berkepentingan dengan konten yang bagus. Sebisa mungkin search engine akan berupaya menampilkan konten yang berkualitas.
Apa kriteria konten yang bagus:
Pertama, membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Jika informasinya cocok dengan yang dicari, sudah pasti pengunjung akan senang dan betah di situs.
Tulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan pengunjung. Ini untuk memastikan bahwa informasi disampaikan dengan baik.
Kedua, Tulis untuk Manusia. Pembaca Anda adalah manusia. Maka tulis untuk manusia.
Meskipun banyak aturan mengenai cara penulisan SEO, tetapi menulis sesuatu yang enak dibaca itu jauh lebih penting.

Selain itu, mesin pencari sudah semakin canggih. Mereka bisa memahami artikel dengan baik.
Ini adalah contoh blog yang menyampaikan konten dengan cukup menarik, yaitu relevan dengan kebutuhan pengunjung dan ditulis dengan Bahasa yang sesuai dengan topiknya.

#2 Memahami Keyword (Kata Kunci)
Proses pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci. Misalnya, pengguna menggunakan kata kunci ‘bisnis online’ ketika mencari informasi mengenai jenis usaha ini.
Oleh sebab itu, pebisnis online yang menggunakan SEO harus memahami ‘kata kunci’ yang digunakan oleh pengunjung atau target market mereka.




Apa yang menjadi kata kunci di usaha atau bisnis mereka ?
Kemudian, perlu mengkaji kata kunci apa yang penting dalam usaha ini namun belum banyak persaingannya. Artinya, belum banyak situs sejenis yang mentarget kata kunci.
Untuk memahami kata kunci dengan baik, pebisnis perlu paham target pasarnya. Apa yang mereka cari, istilah yang mereka pakai.
Intinya, dalam SEO, pemahaman nasabah tetap penting.

#3 Membangun Backlink
Dalam SEO, salah satu faktor penting adalah membangun backlink.
Apa itu backlink ? Simpelnya, ini adalah link yang diberikan oleh pihak lain ke situs kita. Jika link tersebut diklik maka pengunjung akan diantarkan ke situs yang diberikan link tersebut.
Backlink adalah bukti bahwa pihak lain menganggap bahwa situs kita penting sehingga layak diberikan sebagai referensi. Mesin pencari menangkap sinyal backlink tersebut dan menggunakan sebagai salah satu faktor penting dalam meranking hasil pencarian.
Ada banyak cara membangun backlink. Bahkan banyak pihak yang dengan berani mengklaim bisa membangun backlink dengan cepat dengan hasil yang luar biasa.
Namun, yang perlu dipahami sejak awal bahwa yang penting bukan kuantitas tapi kualitas backlink. Cara mencari backlinks secara massal dengan menggunakan software otomatis sangat berbahaya.
Walaupun bisa menaikkan rangking situs yang dibacklink secara cepat di halaman pencarian, cara ini juga sangat rentan terdeteksi algoritma Google yang bisa berakibat fatal, yaitu penurunan rangking di search engine (biasanya hampir untuk semua keyword) sampai dengan penalty hingga deindex (jika spamming massal yang dilakukan cukup brutal).
Google fokus menghajar cara backlink yang berlebihan dan tidak berkualitas. Ini dikenal sebagai Google Penguin. Beberapa tahun belakangan, Google Penguin sudah mengakibatkan banyak situs jadi korban.







Apa kriteria backlink yang berkualitas?

Pertama, relevan. Backlink diberikan oleh situs dalam niche atau topik yang sama. Misalnya, situs tentang computer sebaiknya mendapatkan link dari situs teknologi.

Kedua, contextual links. Ini adalah link yang berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini berkualitas adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis).

Ketiga, situs dengan authority tinggi. Link yang berasal dari situs – situs yang bisa dipercaya, nilainya jauh lebih baik dari yang tidak jelas.


Sumber : 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN BISNIS ONLINE KELAS 11 LENGKAP!!

1.        Kumpulan halaman yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink disebut ... a.     Media Online                                       d.   Newsletter b.     Website                                                 e.   Iklan c.      Blog 2.        Berikut ini yang bukan merupakan fungsi dari website, yaitu ... a.     Membuat pengumuman atau pemberitahuan b.     Memberikan pelayanan pada konsumen c.     Menerima masukkan dari pengunjung atau customer d.     Membagi dan mendistribusi file dan foto e.     Berkomunikasi langsung hanya dengan konsumen yang ada di Indonesia 3.        Situs penyedia yang menampung member-member untuk membentuk suatu komunitas, sehingga member-member didalam website tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar pikiran adalah website .... a.      Search Engine                                      d.     Networking b.     Forum                                                   e.    Portal c.   

Manfaat Pemasaran Online Untuk Bisnis Online

Manfaat Pemasaran Online Menurut  Wikipedia , promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ini adalah salah satu dari empat elemen dasar bauran pemasaran, yang mencakup empat P: price, product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan tempat. Promosi mencakup metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk memberikan informasi tentang produknya. Informasi bisa bersifat verbal dan visual. Sedangkan menurut  Wikipedia Indonesia , pengertian promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Kalau menurut ahli pemasaran Harper Boyd : promosi diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan. Menurut pakar pemasaran lainnya yaitu Boone dan Kurtz , promosi adalah proses men

MENGEVALUASI HASIL PENJUALAN DAN MENYUSUN LAPORAN HASIL PENJUALAN

    A.     Laporan Penjualan Laporan penjualan merupakan suatu rincian yang terdiri atas transaksi penjualan yang dicatat berdasarkan pelanggan atau rinciannya. Laporan penjualan berisi informasi mengenai peroide penjualan, nama barang, jumlah barang yang terjual, harga jual barang, dan total penjualan baik perbarang maupun secara keseluruhan. 1.      Fungsi laporan penjualan Laporan penjualan berfungsi dalam pencatatan dan memposting transaksi dari pihat debetur tanpa harus membuat atau melakukan pencetakan faktur ataupun nota debet. 2.      Langkah-langkah membuat laporan penjualan -           Pengertian back order, merupakan jumlah dari sebagian pesanan customers atau pihak pembeli yang tiodak dapat di penuhi penjual pada waktu permintaan itu datang ( kekurangaj suatu barang ). Back order terjadi karena jumlah barang yang tersedia lebuh sedikit disbanding permintaan yang muncul dari customers. -           Membuat back order Prosedur merupakan suatu rangkaian dalam