ARTIKEL BISNIS ONLINE
Pengertian dan definisi bisnis online adalah semua kegiatan usaha yang
memanfaatkan internet untuk media marketing, entah itu melalui search engine,
maupun mandiri menggunakan blog atau website e-commerce. Bisnis internet
sebenarnya sama saja dengan bisnis konvensional pada umunya hanya saja melalui
internet jangkauan pasar dan market lebih luas baik lokal bahkan internasional.
Bisnis online memang mudah di buat dan mudah menguntungkan di banding
bisnis offline.
bisnis online murah bahkan ada yang gratis sedangkan bisnis offline
mengeluarkan biaya yang mahal,misalnya membayar sewa gedung,menggaji pegawai
dll. bisnis online dapat dikunjungi oleh seluruh dunia sedangkan bisnis offline
jangkauan pengunjung terbatas.bisnis online keuntunganya banyak dan sedangkan
bisnis offline keuntunganya tergantung modal.
Menjalankan bisnis berbasis online, Anda tentu akan membutuhkan sejumlah
pengetahuan mengenai marketing. Bisnis online akan memberikan kesempatan yang
sangat luas untuk berkembang setiap saat sesuai dengan perkembangan/tren yang
terjadi.
Namun, hal ini juga tentu menjadi tantangan besar di mana setiap saat
akan terjadi perubahan dengan cepat dalam bisnis global. Yang jadi pertanyaan
adalah apakah Anda siap untuk mengikutinya setiap waktu?
Untuk tetap bertahan di bisnis ini, Anda wajib menguasai internet
marketing. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemasaran bisnis secara maksimal.
Hal ini mungkin tidak akan mudah, mengingat tingginya tingkat persaingan yang
terdapat di dunia bisnis online sehingga akan membutuhkan berbagai macam
strategi jitu dalam pemasaran yang akan dilakukan.
Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk tetap eksis dalam bisnis ini
adalah dengan cara memaksimalkan content marketing. Pada dasarnya, untuk semua
bisnis online yang menggunakan website, blog, social media, ataupun marketplace
lainnya, penggunaan content marketing menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.
Hal ini akan memudahkan penyampaian setiap promosi yang dilakukan di mana hal
tersebut dapat diterima dengan lebih baik dan menarik oleh para pelanggan.
Pemasaran yang biasa-biasa saja tentu akan membosankan dan membuat
pelanggan enggan untuk berkunjung ke website Anda. Hal ini pasti akan menjadi
kendala besar dalam perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.
Untuk mengatasi inilah, content marketing dapat dilakukan di mana bentuk
pemasaran akan menjadi lebih terarah dan tidak terkesan memaksa dan membosankan
bagi para pelanggan. Berikut ini beberapa alasan mengapa content marketing
sangat dibutuhkan dalam pengembangan bisnis.
1. Content Punya
Nilai yang Membuatnya Menarik dan Patut Dibagikan
Content marketing yang bagus dan menyasar pada target
pembaca akan membuat visitor/pelanggan begitu senang untuk membagikannya
melalui social media mereka. Hal ini tentu akan mempermudah dalam melakukan kegiatan
promosi bisnis Anda. Pelanggan akan sukarela turut serta dalam
mengembangkan bisnis tersebut dengan cara membagikan content yang memang layak
diketahui.
Namun, hal ini juga bukan sebuah pekerjaan yang mudah
untuk dilakukan. Keterampilan Anda dalam membuat content yang berkualitas akan
sangat dibutuhkan. Pelanggan akan malas ketika membaca content yang
membosankan, biasa, memaksa, “garing”, dan tidak memiliki kualitas/informasi
yang berguna. Karena itu, sangat penting untuk memahami dengan baik apa dan
bagaimana sebenarnya content punya pengaruh siginifikan dalam bisnis online
Anda.
Jika telah memahami hal di atas, Anda jadi tahu
bagaimana menghasilkan content yang berkualitas. Artinya, content tersebut
menjawab kebutuhan pelanggan dengan baik, membuat pelanggan tertarik, dan
akhirnya men-share-nya. Dengan begitu, banyak visitor baru berdatangan dan
melihat produk Anda sehingga dengan sendirinya angka penjualan akan mengalami
peningkatan.
2. Website Terlihat
Fresh dan Dinamis karena Content
Pada dasarnya, orang-orang yang gemar belanja online
saat ini sudah semakin cerdas. Mereka tidak akan membeli dan menggunakan produk
sambil “menutup mata”. Sebab mereka tidak memiliki sejumlah informasi yang
lengkap tentang produk yang akan dibeli. Hal inilah yang akan dijawab content yang
Anda posting di website.
Visitor tidak akan mengambil keputusan dengan mudah.
Sebab mereka butuh informasi selengkap-lengkapnya hingga mereka yakin mau
membeli, termasuk dengan keberadaan sejumlah informasi yang diberikan content
marketing yang disediakan di website Anda. Namun, apakah hal ini saja cukup?
Tentu saja tidak. Sebab visitor akan sangat tertarik
pada berbagai content yang baru dan dapat memenuhi semua rasa ingin tahu
mereka. Hal ini membuat Anda harus selalu memproduksi terus content yang baru
di website Anda. Selalu perbarui content dan buatlah makin baik serta
informatif sehingga visitor tidak akan kecewa ketika datang dan menemukan
content yang itu-itu lagi.
Hal ini akan sangat berpengaruh pada tertarik atau
tidaknya visitor untuk melakukan pembelian, termasuk kembali atau tidaknya
visitor. Jangan bosan untuk selalu menyediakan content yang baru dan tentunya
yang berkualitas baik sehingga rasa ingin tahu visitor terpenuhi dengan baik.
3. Content Jadi
Pilihan Hemat dan Efektif Mempopulerkan Brand
Keseriusan Anda dalam membuat dan menyediakan content
yang berkualitas akan membantu dalam memaksimalkan kegiatan promosi terhadap
bisnis yang dijalankan saat ini. Ini bahkan bisa menjadi jalan utama dalam
kegiatan marketing. Karena itu, selalu pastikan Anda melakukannya dengan baik
dan tepat.
Berikan waktu untuk menyediakan dan mem-posting
berbagai content yang menarik. Akan lebih baik jika ini dilakukan dengan
terjadwal. Anda memiliki waktu-waktu terbaik untuk melakukannya. Hal ini akan
membantu untuk dapat merangkul pelanggan dan membuat mereka mengingat dengan
baik kapan Anda akan menghadirkan content baru.
Jika konsisten melakukan ini, pelanggan juga akan
lebih mudah mengingat dan mengenal brand Anda dibandingkan dengan yang lainnya.
Dengan begitu, peningkatan penjualan akan semakin mungkin tercapai. Jadwalkan
kegiatan posting secara berkala sehingga peluang terciptanya angka penjualan
akan semakin besar.
Semakin banyak melakukan kegiatan posting ini, semakin
besar kemungkinan pelanggan akan melakukan pembelian. Sebab mereka akan semakin
kenal dengan brand Anda. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan yang sangat baik
untuk bisa meraih pelanggan baru.
5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis
Online
1. Fokus
Di saat memulai bisnis online, fokuskan ke satu bidang
dulu, supaya konsentrasi tidak terpecah, dan usahakan pilih usaha yang bisa
segera mendatangkan penghasilan (yang penting dapur mengepul dulu).
2. Pilih Produk
Meskipun berbau “online”, pemilihan produk tdk harus
yg bersifat digital product seperti ebook, tools, software, dll.. tetepi bisa
juga yang bersifat fisik, seperti jual makanan, jual pakaian, jual mainan, dll
dll.
Tipsnya adalah, cari produk yang Anda pahami. Jangan
sekali-kali jual barang yang tidak Anda kuasai seluk beluknya. Karena Anda akan
butuh waktu untuk mempelajari product knowledge dan lain sebagainya.
3. Buat Lapak
Segeralah buat lapak online untuk menggelar dagangan
kita. Resource nya bisa pakai website gratis atau situs-situs marketplace yg
banyak tersedia, syukur-syukur mau memakai domain berbayar dan hosting sendiri.
Lapak online bisa diibaratkan kantor / toko kita di dunia
maya. Tidak ada lapak = tidak ada toko = tidak ada tempat untuk berjualan.
4.
Pemasaran
Pada tahapan awal, disamping fokus ke jualan, jangan lupa
sisihkan anggaran untuk pemasaran. Bisa pakai optimasi SEO, atau iklan di
social media seperti FB Ads. Intinya adalah
gunakan internet sebagai tools atau sarana, untuk menyebarkan informasi ke
orang lain (promosi).
5.
Bangun Aset
Biasakan sejak
awal memulai bisnis online, mindset kita adalah bangun aset.. bangun aset.. dan
bangun aset.. baik aset tangible ataupun aset intangible.
Dimanakah Tempat
Untuk Melakukan Promosi Online?
Salah satu
kebutuhan ketika hendak berbisnis online, adalah tempat untuk melakukan promosi
online.
Ya, karena
bagaimana pun juga, ujung tombak dari suatu bisnis adalah penjualan. So, tempat
ini adalah salah satu hal yang urgent..
Beberapa tempat
yang bisa dipakai buat promosi sekaligus berjualan online antara lain:
1.
Mesin pencari (dengan metode SEO).
2.
Social media, seperti Facebook, Twitter, dll dll (dengan
metode SMO).
3.
Marketplace,
seperti OLX, Bukalapak, Tokopedia, dll dll..
4.
Bikin website
bisnis sendiri, seperti web company profile, atau web toko online.
5.
Email marketing,
dengan cara membangun list email terlebih dahulu, selanjutnya lakukan promosi
melalui email list tadi.
3 Strategi SEO Yang Penting Dalam Bisnis
Online
SEO adalah cara menarik pengunjung melalui mesin pencari. Karena mesin
pencari paling banyak digunakan ketika orang mengunjungi internet, maka penting
buat pebisnis online memahami cara kerja SEO dan menggunakannya untuk
meningkatkan trafik.
Menurut riset, hampir 70 sd 80 persen orang mencari informasi melalui mesin
pencari atau search engine. Oleh sebab itu, para pebisnis online harus
mengetahui cara supaya situs mereka muncul di mesin pencari.
Dari analisa, hasil mesin pencari, yang penting adalah muncul di halaman
pertama (page one). Karena mayoritas berhenti di halaman pertama dan tidak
melanjutkan ke halaman kedua.
Dengan mengerti
strategi membangun Search Engine Optimization (SEO), internet marketer bisa
menarik banyak pengunjung secara gratis. Yang membedakan SEO dengan strategi
online lain adalah cara ini bersifat gratis.
Berikut ini adalah 3
strategi yang penting dalam membangun SEO yang efektif dan aman:
#1 Menyajikan Konten Terbaik
Kita perlu pahami bagaimana mesin pencari bekerja. Pada dasarnya, search
engine ingin menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari oleh
pengguna.
Search engine tidak
ingin menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna. Karena jika
konten yang dihasilkan tidak sesuai, itu akan mengecewakan pengguna dan
ujung-ujungnya search engine tidak akan digunakan lagi.
Oleh karena itu, mesin pencari sangat berkepentingan dengan konten yang
bagus. Sebisa mungkin search
engine akan berupaya menampilkan konten yang berkualitas.
Apa kriteria konten
yang bagus:
Pertama,
membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Jika informasinya
cocok dengan yang dicari, sudah pasti pengunjung akan senang dan betah di
situs.
Tulis dengan gaya
bahasa yang sesuai dengan pengunjung. Ini untuk memastikan bahwa informasi disampaikan dengan
baik.
Kedua, Tulis untuk Manusia. Pembaca
Anda adalah manusia. Maka tulis untuk manusia.
Meskipun banyak aturan mengenai cara penulisan SEO, tetapi menulis sesuatu
yang enak dibaca itu jauh lebih penting.
Selain itu, mesin pencari sudah semakin canggih. Mereka bisa memahami
artikel dengan baik.
Ini adalah contoh blog yang menyampaikan konten dengan cukup menarik, yaitu
relevan dengan kebutuhan pengunjung dan ditulis dengan Bahasa yang sesuai
dengan topiknya.
#2 Memahami Keyword (Kata
Kunci)
Proses pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci. Misalnya,
pengguna menggunakan kata kunci ‘bisnis online’ ketika mencari informasi
mengenai jenis usaha ini.
Oleh sebab itu, pebisnis online yang menggunakan SEO harus memahami ‘kata
kunci’ yang digunakan oleh pengunjung atau target market mereka.
Apa yang menjadi kata
kunci di usaha atau bisnis mereka ?
Kemudian, perlu
mengkaji kata kunci apa yang penting dalam usaha ini namun belum banyak
persaingannya. Artinya, belum banyak situs sejenis yang mentarget kata kunci.
Untuk memahami kata
kunci dengan baik, pebisnis perlu paham target pasarnya. Apa yang mereka cari,
istilah yang mereka pakai.
Intinya, dalam SEO,
pemahaman nasabah tetap penting.
#3 Membangun Backlink
Dalam SEO, salah satu
faktor penting adalah membangun backlink.
Apa itu backlink ?
Simpelnya, ini adalah link yang diberikan oleh pihak lain ke situs kita. Jika
link tersebut diklik maka pengunjung akan diantarkan ke situs yang diberikan
link tersebut.
Backlink adalah bukti
bahwa pihak lain menganggap bahwa situs kita penting sehingga layak diberikan
sebagai referensi. Mesin pencari menangkap sinyal backlink tersebut dan
menggunakan sebagai salah satu faktor penting dalam meranking hasil pencarian.
Ada banyak cara
membangun backlink. Bahkan banyak pihak yang dengan berani mengklaim bisa
membangun backlink dengan cepat dengan hasil yang luar biasa.
Namun, yang perlu
dipahami sejak awal bahwa yang penting bukan kuantitas tapi kualitas backlink.
Cara mencari backlinks secara massal dengan menggunakan software otomatis
sangat berbahaya.
Walaupun bisa menaikkan
rangking situs yang dibacklink secara cepat di halaman pencarian, cara ini juga
sangat rentan terdeteksi algoritma Google yang bisa berakibat fatal, yaitu
penurunan rangking di search engine (biasanya hampir untuk semua keyword) sampai
dengan penalty hingga deindex (jika spamming massal yang dilakukan cukup
brutal).
Google fokus menghajar
cara backlink yang berlebihan dan tidak berkualitas. Ini dikenal sebagai Google
Penguin. Beberapa tahun belakangan, Google Penguin sudah mengakibatkan banyak
situs jadi korban.
Apa kriteria backlink
yang berkualitas?
Pertama,
relevan. Backlink diberikan oleh situs dalam niche atau topik yang sama.
Misalnya, situs tentang computer sebaiknya mendapatkan link dari situs
teknologi.
Kedua, contextual links. Ini adalah
link yang berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini
berkualitas adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related
atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis).
Ketiga,
situs dengan authority tinggi. Link yang berasal dari situs – situs yang bisa
dipercaya, nilainya jauh lebih baik dari yang tidak jelas.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar