Langsung ke konten utama

MENGEVALUASI HASIL PENJUALAN DAN MENYUSUN LAPORAN HASIL PENJUALAN

 

 

A.    Laporan Penjualan

Laporan penjualan merupakan suatu rincian yang terdiri atas transaksi penjualan yang dicatat berdasarkan pelanggan atau rinciannya. Laporan penjualan berisi informasi mengenai peroide penjualan, nama barang, jumlah barang yang terjual, harga jual barang, dan total penjualan baik perbarang maupun secara keseluruhan.

1.     Fungsi laporan penjualan

Laporan penjualan berfungsi dalam pencatatan dan memposting transaksi dari pihat debetur tanpa harus membuat atau melakukan pencetakan faktur ataupun nota debet.

2.     Langkah-langkah membuat laporan penjualan

-          Pengertian back order, merupakan jumlah dari sebagian pesanan customers atau pihak pembeli yang tiodak dapat di penuhi penjual pada waktu permintaan itu datang ( kekurangaj suatu barang ). Back order terjadi karena jumlah barang yang tersedia lebuh sedikit disbanding permintaan yang muncul dari customers.

-          Membuat back order

Prosedur merupakan suatu rangkaian dalam kegiatan administrasi yang dibuat untuk menangani transaksi perusahaan yang terjadi secara berulang-ulang. Kegiatan administrasi yang dimaksud meliputi menulis, menggandakan, menghitung dan mememindahkan suatu transaksi.

SOP laporan penjualan :

-          Bagian order dari pelanggan

·        Menerima order dari pelanggan

·        Memverifikasi order perlanggan

·        Mencatat order langganan ke system computer dan menerbitkan dokumen order penjualan

·        Membawa dokumen order penjualan kebagian otoritas kredit

·        Melakukan komunikasi dengan pelanggan menganai pemenuhan order yang dipesannya

-          Tugas bagian kredit

·        Melakukan serah terima dokumen order penjualan dari bagian penerimaan order

·        Melakukan pemeriksaan status yang dapat diperiksa melalui workstation yang terdapat pada bagian otoritas kredit

·        Setelah melakukan pemeriksaan , status selanjutnya memastikan order yang diminta tersebut dapat terpenuhi

·        Melakukan penyerahan dokumen order penjualan yang telah di verifikasi dan dibubuh tanda tengan yang langsung akan diteruslan kebagian stock dan delivery

·        Menerima faktur

-          Bagian stock delivery

·        Menerima surat order penjualan yang telah di verifikasi dan dibubuhi tanda tengan pada bagian otoritas kredit yang berasal dari bagian order penjualan

·        Membuat dokumen pengiriman berdasarkan order penjualannya.

·        Melakukan pencatatan terkait dengan pembelian yang brsadarkan surat jalan yang telas di tandatangani oleh sopir

·        Membuat delivery order penjualan yang sudah mandapat persetujuan otoritas dari pihak otoritas kredit

·        Membuat surat perintah atau surat permintaan pengeluaran barang yang menunjukan penjualan dan telah mengambil barabg dari gudang

·        Menyerahkan surat delivery order atau surat perintah pengeluaran barang kepada bagian transportasi untuk menerima barang kegudang atau mengambil barang dari supplier

·        Menerima surat delivery order yang terdiri atas lembar pertama dan kedua yang telah di verifikasi ataupun ditandatangani oleh pelanggan

·        Membuat rincian delivery order yang akan diserakan pada bagia pembuat invoice

-          Bagian gudang

·        Menerima permintaan barang

·        Setelah menerima surat permintaan barang selanjutnya menyediakan bahan sesuai dengan surat permintaan barang

·        Melakukan pembelian pengeluaran barang terhadap sopir untuk menandatangani dan meminta kembali Salinan yang telah ditandatangani

·        Melakukan pencatatan tentamg pengeluaran dalam kartu persediaan

-          Bagian transportasi ( sopir )

·        Menerima PO atau memo dan delivery order dari bagian stock delivery

·        Meminta barang sesuai dengan dengan PO atau memo kepada pihak supplier

·        Sopir akan menerima surat jalan ataupun surat penghantar dari supplier

·        Setelah menerima surat jalan , sopir melakukan pengecekan mengenai barang yang diserahkan supplier

·        Selanjutnya, apabila telah sesuai, melakukan penandatanganan surat jalan supplier dan meminta salinannya

·        Setelah tidak ada problem, selanjutnya sopir mengantarkan dan menyerahkan barang ke customer sesuai yang dituju pada surat jalannya

·        Setelah sampai tujuan, sopir menyerahkan dokumen delivery order pada pihak customer untuk menandatangani

·        Setelah ditandatangan, selanjuitnya meminta Salinan dari delivery order lembar pertama dan kedua

·        Setelah menerima Salinan delivery order selanjutnya me nyerahkan invoice dan Salinan surat jalan dari supplier yang sudah bertanda tangan bagian stock dan delivery melalui kurir

-          Bagian invoice/faktur

·        Memiliki kewenangan dalam pembuatan faktur dengan sumber data pada delivery order yang sebelumnya sudah diinput oleh bagian stock dan delivery

·        Mengeluarkan faktur pajak

·        Mengeluarkan laporan penjualan harian

·        Melakukan distribusi dokumen

o      Faktur pajak lembar pertama dan delivery order lembar pertama dan diserahkan kebagia kredit

o      Tembusan dari penjualan kepada pihak pemegang buku piutang

o      Tembusan jurnal, faktur pajak lembar kedua dan diberikan kepada bagian buku besar untuk di-entry

·        Melakukan pengarsipan invoice lembar keempat, delivery older lembar kedua, dam faktur pajak pada lembar extra copy atau Salinan

-          Bagian administrasi keuangan

Merupakan bagian yang menjalankan fungsi akutansi. Memiliki tanggung jawab mengenai perubahan keuangan yang diakibatkan karena adanya transaksi dan akan digunakan sebagai sumber pencatatan laporan keuangan

Tugasnya:

-          Bagian piutang

o      Menerima faktur lembar kedua dan ketiga dari bagian invoice

 

 

KD.     3.18  MENGANALISIS PENGGUNAAN ICT DALAM ADMINISTRASI TRANSAKSI

4.18 MENGGUNAKAN ICT DALAM PEMBUATAN ADMINISTRASI TRANSAKSI

 

B.    Administrasi Transaksi Berbasis Informasi And Commication Techonologies ( ICT )

ICT merupakan teknologi yang mencakup peralatan teknis yang berfungsi untuk memproses dan menyampaikan suatu informasi. ICT mencakup 2 aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer dari data perangkat yang satu ke perangkat lainnya.

Teknologi informasi dan teknologi komunikasi dalah dua konsep yang tidak terpisahkan.

3 unsur ICT :

1.     Information ( informasi )

2.     Communication ( komunikasi )

3.     Technology ( teknologi )

Penggunaan ICT dalam beberapa aspek berikut

1.     Pendidikan

2.     Kesehatan

3.     Perdagangan

 

Manfaat ICT dalam dunia kerja

1.     Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi anatar satu tempat ketempat lainnya

2.     Semakin maraknya pengunaan teknologi informasi akan semakin membuka lapangan pekerjaan

3.     Bisnis yang berbasis teknologi informasi atau biasanya di sebut e-commerce dapat mempermudah semua transaksi bisnis perusahaan atau perorangan

4.     Informasi yang dibutuhan akan semakin cepat mudah diakses untuk kepentingan penddidikan

 

  

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN BISNIS ONLINE KELAS 11 LENGKAP!!

1.        Kumpulan halaman yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink disebut ... a.     Media Online                                       d.   Newsletter b.     Website                                                 e.   Iklan c.      Blog 2.        Berikut ini yang bukan merupakan fungsi dari website, yaitu ... a.     Membuat pengumuman atau pemberitahuan b.     Memberikan pelayanan pada konsumen c.     Menerima masukkan dari pengunjung atau customer d.     Membagi dan mendistribusi file dan foto e.     Berkomunikasi langsung hanya dengan konsumen yang ada di Indonesia 3.        Situs penyedia yang menampung member-member untuk membentuk suatu komunitas, sehingga member-member didalam website tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar pikiran adalah website .... a.      Search Engine                                      d.     Networking b.     Forum                                                   e.    Portal c.   

Manfaat Pemasaran Online Untuk Bisnis Online

Manfaat Pemasaran Online Menurut  Wikipedia , promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ini adalah salah satu dari empat elemen dasar bauran pemasaran, yang mencakup empat P: price, product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan tempat. Promosi mencakup metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk memberikan informasi tentang produknya. Informasi bisa bersifat verbal dan visual. Sedangkan menurut  Wikipedia Indonesia , pengertian promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Kalau menurut ahli pemasaran Harper Boyd : promosi diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan. Menurut pakar pemasaran lainnya yaitu Boone dan Kurtz , promosi adalah proses men