Manfaat Pemasaran Online
Menurut Wikipedia, promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek,
menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ini adalah
salah satu dari empat elemen dasar bauran pemasaran, yang mencakup empat P:
price, product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan tempat.
Promosi mencakup metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk memberikan
informasi tentang produknya. Informasi bisa bersifat verbal dan visual.
Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia,
pengertian promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk
atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau
mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan
kenaikannya angka penjualan.
Kalau menurut ahli pemasaran Harper Boyd
: promosi diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep
dan gagasan.
Menurut pakar pemasaran lainnya yaitu
Boone dan Kurtz, promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan
mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
Sebenarnya ada banyak sekali versi pengertian promosi yang dikemukakan oleh
para ahli pemasaran diseluruh dunia, tetapi kesimpulannya kurang lebih sama,
yaitu promosi adalah untuk memberitahukan, menginformasikan, menawarkan,
membujuk, atau menyebarluaskan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen
dengan tujuan agar calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan
pembelian.
TUJUAN PROMOSI
Orang
melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi
berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah :
- Untuk menyebarkanluaskan informasi
suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
- Untuk mendapatkan konsumen baru
dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut
- Untuk menaikkan penjualan serta
laba/keuntungan
- Untuk membedakan dan mengunggulkan
produknya dibandingkan dengan produk kompetitor
- Untuk branding atau membentuk
citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Untuk merubah tingkah laku dan
pendapat konsumen tentang suatu produk
Kesimpulannya,
tujuan utama dari promosi adalah produsen atau distributor akan mendapatkan
kenaikan angka penjualan dan meningkatkan profit atau keuntungan.
JENIS-JENIS PROMOSI
Ada
banyak sekali jenis dan cara orang melakukan promosi, beda produk atau jasa
beda pula cara dan media promosinya. Berikut ini adalah jenis-jenis promosi
yang biasa kita lihat seperti dikutip dari Wikipedia :
Promosi secara fisik
Promosi
dapat diadakan di lingkungan fisik yang biasanya dilakukan pada acara-acara
tertentu atau event-event khusus yang diadakan di suatu tempat seperti pameran,
bazar, festival, konser, dan semacamnya. Biasanya para penjual membuka semacam
“stand” atau “booth” untuk menampilkan dan menawarkan produk atau jasanya.
Kelebihan jenis promosi secara fisik dan langsung adalah dapat menjangkau
langsung para calon konsumen, mereka dapat secara langsung melihat produk atau
jasa yang ditawarkan, dan dapat langsung bertanya segala sesuatu hal mengenai
produk atau jasa tersebut, dan dari pihak penjual hal ini dimanfaatkan untuk
membujuk dan merayu calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang mereka
tawarkan pada saat itu juga. Ya, interaksi di lapangan sangat memungkinkan
orang langsung melakukan pembelian.
Kekurangan cara promosi secara fisik adalah sangat terbatasnya jumlah calon
konsumen karena hanya diadakan di lingkungan atau area tertentu seperti
perkantoran, kampus, sekolah, dan semacamnya.
Promosi melalui media tradisional
Yang
dimaksud jenis promosi melalui media tradisional adalah via media cetak seperti
koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media elektronik seperti radio dan
televisi, serta media di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame
atau papan billboard.
Kelebihan jenis promosi melalui media tradisional adalah dapat menjangkau lebih
banyak calon konsumen daripada dengan promosi secara fisik, karena jangkauan
media yang memang cukup luas.
Kekurangan cara promosi melalui media tradisional adalah membutuhkan biaya yang
sangat besar, karena melibatkan media-media besar seperti televisi, penyedia
papan billboard, dan lain sebagainya.
Promosi melalui media digital
Jenis
promosi melalui media digital mencakup media internet dan social media atau
jejaring social. Ini adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan
orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini
seperti ponsel atau laptop. Banyak para pengusaha yang sudah beralih
menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka karena memang media
digital saat ini merupakan cara paling efektif untuk menjangkau konsumen mereka
setiap hari. Lebih dari 2,7 miliar orang menggunakan internet di seluruh dunia,
yaitu sekitar 40% dari populasi dunia. 67% dari semua pengguna internet secara
global menggunakan media sosial.
Kelebihan promosi menggunakan media digital adalah dapat menjangkau orang
secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien.
Kekurangannya berpromosi dengan media digital adalah banyak sekali kompetitor
atau pesaing yang ikut bermain didalamnya. Tugas yang cukup berat bagi para
pemasar agar lebih kreatif lagi dalam berpromosi di media digital ini agar
lebih menarik calon konsumen dibandingkan kompetitor.
Dari beberapa jenis promosi diatas, promosi melalui media digital adalah yang
paling banyak dilakukan saat ini, karena faktor efisiensi biaya dan
penyebarannya yang luas dan relatif lebih cepat.
Beragam
media-media promosi yang dapat digunakan dalam mempromosikan suatu produk
ataupun jasa yang dipasarkan. Media-media promosi yang dapat digunakan dalam
mempromosikan adalah sebagai berikut;
1. Brosur
Di
Indonesia mulai dikenal pada tahun 1870, yakni digunakan untuk promosi
perusahaan secara komersil. Brosur pertama kali datang diperusahaan milik
Belanda. Pada era 1930 hingga 1942, brosur mulai berkembang pesat di Indonesia.
Walaupun demikian brosur pertama mengiklankan produk keperluan seperti odol,
sabun, tawaran kursus, bahkan produk kerajinan seperti batik beredar
pesat.Brosur adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga
sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam
sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler,
benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid
keras.
Menurut
definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras,
lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi
tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul.
Bentuk
dan isi bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada
kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah
panel yang terpisah
2. Catalog
Media
ini biasanya memuat informasi yang lebih lengkap dibanding flyer ataupun
brosur, sangat tepat untuk mempromosikan produk dengan jumlah banyak. Katalog
memuat informasi yang lebih lengkap, dari informasi seputar spesifikasi produk,
gambar produk, kelebihan dan keunggulan, bahkan setiap kali diinformasikan juga
harga produk tersebut. Katalog akan memudahkan konsumen untuk bisa memilih
sendiri produk mana yang sesuai dengan keinginan dan anggaran biayanya.
Terkadang
produk-produk yang didisplay pada katalog disertai juga dengan info diskon.
Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleh Giant, Alfamart, Hero,
Carrefour, Matahari, Olimpic, Colombia, dll
3. Pamphlet
Pamphlet
(pamplet) adalah semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid. Mungkin hanya
terdiri dari satu lembar yang dicetak di kedua permukaannya. Tapi bisa juga
dilipat di bagian tengahnya sehingga menjadi empat halaman. Atau bisa juga
dilipat tiga sampai empat kali hingga menjadi beberapa halaman.
Jika
dilipat menjadi empat, pamphlet itu memiliki nama tersendiri yaitu leaflet.
Penggunaan pamphlet atau leaflet umumnya dilakukan untuk pemasaran aneka produk
dan juga untuk penyebaran informasi politik.
Pamphlet
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1387 sebagai “pamphilet atau “panffet’
yang mengikuti kepopuleran komik satir saat itu berjudul Phamphilus, Seu de
Amore. Phampilus artinya dicintai semua orang. Pada umumnya, pamphlet dicetak
dengan kualitas baik sebab untuk membangun citra yang baik terhadap layanan
atau produk yang diinformasikan dalam pamphlet tersebut.
Berbeda
dengan poster yang didesain agar orang bisa mudah membaca informasi walaupun
dalam posisi bergerak, pamphlet ditujukan agar dibaca secara khusus. Pada
beebrapa jenis, pamphlet dimaksudkan agar orang menyimpang agar sekali waktu
digunakan bila membutuhkan informasi.
4. Booklet
Booklet
merupakan media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang
bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan
berbentuk cetakan. Sehingga akhir dari tujuannya tersebut adalah agar
masyarakat yang sebagai obyek memahami dan menuruti pesan yang terkandung dalam
media komunikasi massa tersebut.
Menurut
Effendy Sholeh dalam bukunya, periklanan di era masa kini, menyebutkan bahwa
booklet adalah suatu sarana periklanan yang mampu menarik banyak
konsumen-konsumen produktif. Hal ini disebabkan oleh adanya booklet yang bisa
mencakup tidak hanya produk saja, akan tetapi dapat mencakup berbagai
jenis-jenis produk yang itu bisa membuat konsumen melakukan perbandingan dalam
hal marketing. Dalam pembuatan Booklet masih tergantung pada high teknologi,
hal ini merupakan alternatif dalam penampilannya yang efektif dan efisien dalam
hasil dan proses pembuatan booklet tersebut.
Pandangan
umum masyarakat mengenai booklet tidak jauh berbeda dengan promosi atau
sponsor-sponsor. Sebagai contohnya adalah sebuah perusahaan koperasi dalam
melakukan pemasarannya menggunakan jasa media komunikasi massa berupa booklet,
seperti memasarkan barang-barang yang diproduksinya. Mulai dari :
· bentuk
barang produksi
· keunggulan
dan kelemahan barang produksi
· perbedaannya
dengan barang sama tetapi diproduksi oleh usaha lain
· dimana
bisa memperolehnya dan berapa harga dari produksi tersebut
Sedangkan
jika ditinjau dari penyebarluasannya, booklet mempunyai pengertian bahwa adalah
sebuah media dari komunikasi massa yang tidak hanya menyiarkan, memberitahukan
dan memasarkan, akan tetapi booklet ini juga bisa berupa sebuah perwujudan dari
sebuah informasi yang bisa berupa pengertian-pengertian asal usul berdirinya
organisasi, penyuluhan dari organisasi-organisasi, serta pemberitahuan
masyarakat yang biasanya lebih bersifat umum.
Dengan
menggunakan booklet , organisasi bisa mengisi booklet dengan
pesan-pesan yang lebih bersifat umum, seperti larangan memakai narkoba,
larangan seks bebas, anjuran agar giat bekerja, anjuran untuk meningkatkan
ketakwaan dan sebagainya sesuai dengan visi dan misi organisasi tersebut.dan
biasanya lembaga-lembaga yang menggunakan metode ini seperti :
1) Organisasi
Partai Politik Adalah organisasi yang berfokus dibidang perpolitikan, seperti
partai-partai politik. Lembaga ini menggunakan media booklet sebagai wadah
komunikasi dengan kader-kadernya. Dan juga sarana promosi Visi dan Misi
organisasi partai tersebut sehingga mendapatkan partisipan yang banyak.
2) Organisasi
Kepemudaan Organisasi kepemudaan yang biasanya bergerak dalam hal-hal
kepemudaan, seperti gerakan organisasi pemuda , pemuda Nahdlatul
Ulama, Gerakan pemuda Pancasila dan lain sebagainya. Organisasi ini
tidak jauh beda dengan organisasi partai politik, yang menggunakan booklet
sebagai wadah aspirasi kejiawaan anggota-anggotanya dan sumber informasi
tentang organisasi tersebut.
3) Organisasi
Keagamaan Organisasi ini biasanya memanfaatkan booklet sebagai wadah dakwah
atau si’ar dari agama tersebut.
4) Organisasi
Kemahasiswaan Organisasi ini yang biasanya sangat idealis dengan
keintelektualannya ini, biasanya menggunakan fungsi booklet ini sebagai sarana
atau wadah untuk mengaktualisasikan teori yang ada di benak mereka.
5) Organisasi
Kedaerahan Organisasi kedaerahan ini memanfaatkan media komunikasi yang berupa
booklet sebagai sarana untuk memberikan informasi-informasi yang berkaitan
dengan daerah yang bersangkutan.
b.
Keunggulan dan kelemahan
Sesuatu
itu tak mungkin bisa lepas dari keunggulan dan kelemahan. Sedangkan keunggulan
dan kelemahan dari booklet itu adalah :
· Keunggulan-keunggulan
dari booklet itu adalah bahwa booklet ini menggunakan media cetak sehingga
biaya yang dikeluarkannya itu bisa lebih murah jika dibandingkan dengan
menggunakan media audio dan visual serta juga audio visual. Proses booklet agar
sampai kepada obyek atau masyarakat bisa dilakukan sewaktu-waktu. Proses
penyampaiannya juga bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada, lebih terperinci
dan jelas, karena lebih banyak bisa mengulas tentang pesan yang disampaikannya.
· Kelemahan
: booklet ini tidak bisa menyebar ke seluruh masyarakat, karena disebabkan
keterbatasan. Tidak langsungnya proses penyampaiannya, sehingga umpan balik
dari obyek kepada penyampai pesan tidak secara langsung (tertunda). Memerlukan
banyak tenaga dalam penyebarannya.
5. Spanduk
Spanduk
merupakan suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para
perusahaan dalam memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi
jalan raya atau diwarung-warung. Spanduk banyak dimininati oleh para perusahaan
dalam memasarkan produknya, sebab harganya pembuatannya yang cenderung murah,
selain itu sangat efektif dalam media promosi, tergantung desain yang pas untuk
promosi produk.
Spanduk
menurut dominikus juju dalam bukunya “desain promosi” mengatakan bahwa sebuah
media informasi yang memberitahu informasi kepada masyarakat banyak. Pada
awalnya, spanduk hanya terbatas menggunakan media kain dan sablon tapi seiring
perkembangan zaman spanduk sekarang bisa dengan mudah dibuat menggunakan
digital printing dan hasil dari digital printing pun lebih baik dan kreatif
dengan bantuan software-software yang canggih serta proses pembuatannya juga
tidak terlalu lama daripada menggunakan sablon. Media pembuatan spanduk kini
tidak terbatas pada kain tetapi dapat juga menggunakan bahan-bahan yang lebih
baik dan dapat tahan lama.
Kelebihan dan Kekurangan Spanduk
· Kelebihan
1. Khalayak
dapat mengatur tempo dalam membaca. Ia dapat mengulang bacaannya kembali dan
mengatur cara membaca.
2. Media
yang dapat di tinjau ulang, pembaca dapat dengan tenang, membaca dengan teliti
3. Iklannya
dan dapat membaca kembali bagianbagian menurut kehendaknya. Karena sifatnya
yang tercetak pesan-pesannya bersifat permanen dan kekuatan utamanya adalah
dapat dijadikan bukti.
4. Media
ini tahan lama dan dapat dilihat dari jarak jauh.
5. Saat
pembaca tidak paham pada satu bagian dari isinya, pembaca dapat menanyakan pada
orang lain.
· Kekurangan
1. Untuk
menikmatinya diperlukan kemampuan membaca dan atensi atau perhatian, karena
tidak bersifat auditif dan visual, ia memintakan pula kemampuan imajinasi
pembaca untuk menikmati dan memahaminya.
2. Membutuhkan
proses penyusunan dan penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu yang
relatif lama.
3. Jenis
bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis
tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
6. Billboard atau Papan
Reklame
Billboard
atau sering disebut dengan papan reklame adalah bentuk promosi iklan luar ruang
dengan ukuran besar. Dapat dikatakan pula billboard adalah bentuk poster dengan
ukuran yang lebih besar yang diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai
dilalui orang.
Di
Indonesia, billboard punya definisi sendiri. Yaitu reklame yang berbentuk
bidang dengan bahan terbuat dari kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik,
dan sebagainya yang pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan
konstruksi tetap, dan reklame tersebut bersifat permanen.Sehingga papan iklan
di atas toko pun masuk kategori billboard.
Sebelum
era globalisasi penyebaran reklame atau billboard belum begitu meluas, sehingga
pemanfaatan reklame tidak bisa maksimal (hanya) beredar/diketahui oleh
masyarakat-masyarakat tertentu. Sedangkan di era globalisasi ini reklame sudah
menyebar luas melalui media komunikasi yang ada yang berjalan seiring dengan
perkembangan teknologi. Sehingga tidak hanya masyarakat atau kalangan tertentu
saja yang dapat mengetahui atau menikmatinya tetapi hampir dilapisan masyarakat
dapat mengetahui dan menikmatinya Reklame dalam suatu pengertian yang luas
merupakan suatu kegiatan untuk mengajak seseorang atau kelompok orang mengikuti
isi reklame tersebut. Reklame berasal dari bahasa Spanyol yaitu Re dan Clamos
sedangkan dari bahasa latin Re dan Clame, Re artinya berulang-ulang sedangkan
Clame atau Clamosartinya berteriak, sehingga secara bahasa Reklame adalah suatu
teriakan/ seruan yang berulang-ulang. Reklame dapat juga diartikan sebagai
suatu sarana yang memiliki tujuan menjajakan produknya atau membuat barangnya
laku di pasaran.
Reklame
memiliki dua sifat, pertama reklame bersifat komersial yaitu suatu reklame yang
digunakan untuk memperoleh keuntungan. Dan reklame bersifat sosial yaitu suatu
reklame yang semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang
berbentuk material
Terdapat
beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat reklame agar reklame
tersebut dapat dikatakan baik, antara lain sebagai berikut:
a) Persuasif
(mengajak) Yaitu kegiatan reklame diharapkan dapat menarik dan mengajak
masyarakat
b) Estatis(induk)
Untuk dapat memvisualisasikan reklame dengan indah kita harus menerapkan
beberapa unsur keindahan antara lain:
· Keseimbangan
( balance )
· Harmonis
Irama ( ritme )
· Kontras
( berlawanan )
· Etis
( sopan atau sesuai dengan norma )
· Edukatif
( mendidik )
Pada
era digital saat ini, billboard atau reklame pun menggunakan teknologi baru
sehingga muncullah digital billboard, Contohnya digital billboard yang sering
digunakan dalam melakukan promosi produk seperti :
· Megatron
Dapat
dikatakan bahwa megatron merupakan sebuah billboard yang sesuai dengan kemajuan
era masa digital yang telah menggunakan tampilan elektronik berupa gambar
bergerak gerak.
· Videotron
Sebuah
billboard yang sudah sangat mengikuti kemajuan masa era digital terkini yang
mana menampilkan isi iklan berupa gambar film atau video digital sebagai media
utamanya, maka media reklame ini sudah disebut dengan videotron. Videotron
mampu memberikan nuansa kemeriahan kota-kota besar. Keberadaan videotron di
kota modern sangat diperlukan, videotron saat ini telah menjadi suatu media ruang
iklan lebih efektif dibandingkan dengan baliho atau media lain seperti spanduk.
Selain menampilkan gambar yang interaktif berupa video, videotron juga bisa
digunakan untuk sosialisasi, kegiatan sosial dari pemerintah ataupun perusahaan
berbentuk video.
Kelebihan dan Kekurangan Billboard
Kelebihan
a) Relatif
Murah Media luar ruang/billboard sesungguhnya memerlukan pembiayaan yang
relatif murah karena berlaku selama 1 tahun untuk sekali kontrak/pembayaran.
b) Penjadwalan
Fleksibel Penjadwalan / penempatan media luar ruang relative fleksibel karena
dapat ditempatkan pada lokasi-lokasi yang dianggap paling tepat untuk suatu
produk yang akan diiklankan.
c) Dampak
yang jauh adalah mampu mempengaruhi langsung untuk mencoba atau membeli produk
yang diiklankan dalam billboard.
d) Potensi
Kreatif Media luar ruang memiliki fleksibilitas pengembangan kreatifitas sesuai
dengan kemampuan praktisi-praktisi kreatif.
Kekurangan
a) Pesan
Terbatas Sebab waktu baca / penglihatan yang sekelebat, pesan-pesan pada media
luar ruang dibuat sangat terbatas atau singkat.
b) Tidak
efektif bagi pengendara mobil Pengendara mobil yang membutuhkan konsentrasi
penuh, kadang-kadang mengesampingkan berbagai hal yang ia lewati, termasuk
billboard yang mengiklankan produk tertentu, apalagi membaca secara jelas.
c) Kendaraan
umum yang penuh sesak Dalam kota-kota besar seperti mampu mempengaruhi langsung
untuk mencoba atau membeli produk yang diiklankan dalam billboard.
d) Potensi
Kreatif Media luar ruang memiliki fleksibilitas pengembangan kreatifitas sesuai
dengan kemampuan praktisi-praktisi kreatif.Jakarta, di mana kendaraan umum
adalah sarana transportasi bagi sebagian besar masyarakat, menyebabkan kondisi
yang penuh sesak dan menyulitkan untuk sekedar melihat ke luar kendaraan.
e) Sasaran
Pengrusakan Media-media luar ruang rentan terhadap pengrusakan dari masyarakat
yang tidak menyenangi adanya media iklan yang dipasan.
7. Banner
Perkembangan
teknologi digital printing membuat X-Banner cukup popular digunakan pada saat
ini. Dihasilkan dengan mesin flexi, X-Banner menghasilkan kualitas yang cukup
bagus namun harga yang terjangkau. Media ini biasanya berukuran 60cm x 160cm
dan dibantu dengan penyangga (yang berbentuk seperti huruf x) agar mudah
berdiri.
· Kelebihan
a) Banner
jika penempatan dan desain yang baik, iklan banner dapat memberikan di atas
ratarata iklan lainnya.
b) Iklan
banner adalah alat branding yang sangat baik.
c) Penayangan
iklan mudah dilacak dengan alat pelacakan yang tersedia. Iklan banner dapat
membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.
· Kekurangan
a) Beberapa
jenis iklan banner sering terlihat menjengkelkan dan sangat menganggu.
b) Pertumbuhan
penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan.
c) Oversaturation
iklan banner menyebabkan kebutaan iklan. Harga iklan menurun akibat desain
banner.
8. Flyer
Flyer
merupakan sebutan lain dari brosur, pamphlet, atau booklet. Merupakan terbitan
tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak
terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya
sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya
memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilidkertas.
Bila
terdiri dari satu halaman, pamphlet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan
dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang
terpisah. Pamphlet yang hanya terdiri dari saru lembar/halaman serign disebut
selebaran dan dalam bahasa inggris disebut leaflet atau flayer.
Flyer
memuat informasi atau menjelaskan tentang sutu produk,layanan, fasilitas umum
profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi
dalam flyer ditulis dalam bahasa ringkas dan mudah dipahami dalam waktu yang
singkat. Juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak diatas kertas yang
baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk
tersebut.
9. Kartu nama
Beberapa
tahun ini kebutuhan akan kartu nama untuk sebagian manusia dirasa kurang
bermanfaat, sebab kecenderungan sekarang dengan adanya Smartphone yang makin
terjangkau dan memasyarakat, sehingga dalam bertukar nomor telepon, alamat
email, pin bb, bahkanlokasi usaha mudah ditemukan dengan Google maps.
Kartu
nama dapat dianggap penting saat kita akan menonjolkan profil diri atau
pekerjaan kita yang kadang tidak bisa dipersentasikan secara deatail melalui
sebuah handphone, smartphone, atau Blackberry. Dengan kartu nama tersebut,
dapat memunculkan kesan baik ataupun kepercayaan profesiionalisme dibanding
hanya menyebutkan angka nomor telepon yang terkadang kita salah pencet sehingga
tidak bisa menghubungi atau terkadang salah sambung.
Kartu
Nama bagi seorang pembisnis, baik itu owner maupun karyawan sangatlah penting,
kartu nama juga berfungsi sebagai salah satu sarana promosi yang efektif untuk
perusahaan ataupun usaha jasa perseorangan, untuk mengingatkan kembali layanan
maupun pesan-pesan yang kita sampaikan kepada calon pelanggan.
10.Media cetak
Media
cetak adalah media massa yang berbentuk printing dimana dinikmati dengan
membaca dan bentuk medianya statis. Artinya, media
ini dengan bentuk tercetak dimana Umumnya, terbit paling
cepat sehari sekali (di beberapa negara, ada media cetak yang terbit sehari dua
kali). Dengan sistem penulisan secara in dept (lebih mendalam dan
lengkap).Kedua bentuk media massa tersebut memiliki perbedaan yang sangat jelas
serta memiliki kekurangan dan kelebihan pada masing-masing karya
jurnalistik.
Jenis
–jenis Media Cetak yaitu:
a. Koran
Merupakan
media cetak yang terbit setiap hari secara teratur, tulisannya dalam bentuk
berita, artikel, feature, tajuk dll. Informasi yang disajikan lengkap menjawab rumusan
yaitu 5W 1H (what, who, when, where, why, dan how). Isi informasi ditujukan
untuk mempengaruhi atau mempersuasifkan secara rasional atau pikiran.
Kelebihan
media ini adalah karena harganya murah, informasi lengkap dan selalu actual,
mudah dan cepat menjangkau khalayak yang dinginkan, mudah disimpan dan dibawa.
Namun kekurangannya adalah isi pesan terlalu singkat, penyajian gambar kurang
menarik dan pesan hanya bisa disampaikan bagi public yang memiliki kemampuan
membaca.
b. Majalah
Majalah
adalah media yang digunakan untuk mengahasilkan gagasan feature dan publisitas
bergambar untuk bahan referensi dimasa mendatang. Majalah biasanya terbit
seminggu sekali. Kelebihan media ini adalah mampu menyajikan informasi yang
tidak hanya menjawab 5 W + 1H, tapi juga secara tuntas dengan bahasan dari
berbagai sisi, dicetak dengan kertas yang menarik dan berkualitas sehingga
mampu menampilkan gambar-gambar yang lebih menarik dan mampu
disimpan pada jangka waktu yang sangat lama. Namun kekurangannya bahwa media
ini pesannya tidak bisa segera di peroleh public, dan harganya mahal.
11.Ambient
Art
Ambient media atau Ambient Artmerupakansalah satu bentuk new media dalam
beriklan. Ambient media atau Ambient Art memiliki cara yang berbeda dengan
iklan konvensional dalam hal konten atau yang lainnya. Semangat yang dibawa
oleh ambient media adalah memberikan pengalaman yang tidak terlupakan
(memorable experience) kepada konsumen. Ambient media: “It works for two simple
reasons-it gets people's attention and provokes an emotional response”.
(Syamsul Bahri, 2007)
Pada
umumnya Ambient Art berusaha memainkan emosi khalayak sasaran dengan cara
mengangkat ide lucu (visual pun), horor, hal-hal yang menjijikan, atau bentuk
ekspresi dan emosional lainnya dan berusaha melibatkan khalayak diajak untuk
terlibat; dari mengarahkan mata, memanfaatkan gerak anggota tubuh, menghadirkan
sebagian atau keseluruhan tubuh dalam iklan.
Beberapa
faktor yang mendukung perkembangan ambient media diantaranya:
· Isu
yang berkembang
· Persaingan
· Menurunya
kekuatan media konvensional (seperti spanduk, banner, billboard, dll)
· Semakin
semerawutnya jumlah iklan televisi yang menggempur konsumen setiap hari
· Adanya
tuntutan permintaan yang semakin tinggi terhadap media komunikasi non
konvensional. Media yang tidak biasa out of standard. Dan menarik
· Kebutuhan
untuk menjaring target audience yang lebih signifikan bagi produk
· Perkembangan
teknologi, multi media, internet dan sebagainnya. Ambient advertising
menawarkan kelebihan-kelebihan berikut ini:
· Bila
dekat dengan lokasi pembelian, biaya kampanye ambient bisa lebih murah
ketimbang promosi penjualan dan (ketimbang diskon) mampu memberi insentif di
lokasi pembelian (point-of-purchase incentive) tanpa efek negatif yaitu
merosotnya keuntungan.
· Kampanye
ambient yang diterapkan dengan baik ikut menggenjot citra merek.
· Kampanye
kreatif kerap mendapat liputan pers, bahkan kampanye tertentu memang sengaja
didesain agar mendapatkan liputan luas.
· Kampanye
ambient sangat efektif untuk mengaktifkan kebutuhan.
Ambient
media atau Ambient Art merupakan perpaduan berbagai bentuk elemen estetik;
fotografi, ilustrasi, desain grafis,happening art, seni instalasi, patung, tata
cahaya, dan komponen seni lainnya. Dengan demikian ambient media memanfaatkan
suasana dan elemen ruang publik yang ada di sekitar media tersebut ditampilkan.
12.Flash mob
Flash mob merupakan gerakan yang dilakukan sekelompok orang asing
yang tiba-tiba berkumpul di tempat umum, melakukan hal yang tidak biasa untuk
beberapa menit, kemudian membubarkan diri begitu saja.
Kegiatan
ini biasanya diorganisir hanya melalui situs sosial media, email atau media
lainnya.
Nama
flash mob sebenarnya berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu flash
yang berarti sekejap atau kilat dan mob yang berarti kerumunan. Makanya, setiap
gerakan flash mob pasti melibatkan banyak orang dan hanya terjadi dalam waktu
yang sangat singkat. Flash mob pertama kali dilakukan di department store
terkenal, Macy’s di Manhattan, New York, Amerika Serikat pada bulan Juni 2003
dengan adegan 100 orang tiba-tiba saja datang ke bagian yang menjual karpet di
departemen itu dan ingin membeli karpet yang sama. Setelah sukses membuat si
penjual bingung untuk beberapa menit, mereka pun membubarkan diri. Gerakan ini
dipelopori oleh Bill Masik, seorang editor dari Harper’s Magazine.
Sekarang
gerakan ini ada di mana-mana dan terkadang dilakukan dalam rangka mendukung
sebuah kampanye, sebagai bentuk protes atau pun bentuk ekspresi. Flash mob di
Indoesia kini telah dilakukan seperti pada tanggal 10 Oktober 2010
lalu sekitar 1.000 orang tiba-tiba menari di bundaran HI dengan lagu “Love
Today” yang dipopulerkan Mika
Flash
mob biasanya dimulai dengan aksi seseorang yang tiba-tiba berteriak, bernyanyi,
memainkan alat musik, atau melakukan gerakan-gerakan aneh yang menarik
perhatian. Orang ini berperan sebagai “provokator” yang mempengaruhi orang lain
supaya mengikuti aksi tersebut. Kemudian aksi tersebut diikuti oleh
banyak orang. Flashmob memiliki keunikan yaitu setelah pertunjukan selesai,
semua penampil lebur dalam keramaian. Suasana langsung berubah seperti sedia
kala, seolah-olah tak terjadi apaapa. Meskipun terlihat spontan, flash mob
sebenarnya dipersiapkan dengan sangat teliti, sering melibatkan penari dan
pemusik profesional. Supaya rencana mereka tidak dapat terbaca oleh penumpang,
pelakunya berpenampilan seperti awak kabin pesawat, petugas bandara atau
seperti penumpang biasa. Atraksi ini juga melibatkan semua kelompok umur, mulai
anak-anak sampai orang tua. Tapi tentu saja semuanya adalah penampil yang
profesional.
13.Social Media (media Sosial)
Media
Sosial (Social Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online
di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi,
berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun
jaringan (networking).
Media
sosial merupakan sebuah media online, dengan para penggunanya (users) bisa
dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.Blog, jejaring sosial dan wiki
merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di
seluruh dunia.
Media
sosial menurut Gamble, Teri, dan Michael dalam Communication Works dalam
kutipan Wikipedia mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
· Pesan
yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai
banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
· Pesan
yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
· Pesan
yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
· Penerima
pesan yang menentukan waktu interaksi
Jenis-Jenis
Media Sosial Media sosial yang populer digunakan di Indonesia antara lain
· Facebok
Facebook
sangat cocok dalam media pemasaran atau promosi yang baik, sebab
banyak sekali para pelanggan menggunakan facebook, hampir semua orang memiliki
facebook dan pernah melakukan pengecekan facebook. Bahkan ada banyak orang yang
telah kecanduang bermain facebook sepanjang hari melakukan
pengecekan status dan pembuatan status didalam facebook, hal-hal
seperti inilah yang dimanfaatkan para pembisnis atau pengusaha dalam memasarkan
produknya. Facebook merupakan media promosi yang tergolong murah dan masih
dianggap sangat efektive. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004
yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pada awal berdirinya Facebook hanya
ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005
Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun
kemudian pada tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara
universal atau dikatakan terbuka untuk siapa saja. Baik dari belahan Manfaat
FacebookĆbumi manapun, semua orang bisa bergabung dengan
Facebook. Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar
saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan.
Berikut
adalah beberapa manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di
zaman sekarang ini :
· Sebagai
Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang adalah kita
dapat menjumpai teman lama kita disini.
· Tempat
promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Saya sendiri sudah
memanfaatkannya facebook dengan menggunakan Halaman Indovisual
Presentatamasebagai tempat promosi situs saya.
· Tempat
diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang
berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun.
· Sebagai
Tempat Untuk Menjalin Hubungan, Contohnya mencari pacar, karena di facebook
mudah saja kita mendapatkan seorang pacar.
· Sebagai
Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan
untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya
· Kelebihan
a) Menggunakan
facebook sangat mudah.
b) Bisa
digunakan untuk media bisnis online melalui jaringan pertemanan yang telah
dimiliki.
c) Upload
gambar mudah, dan bisa dibuat album foto.
d) Terdapat
aplikasi chat yang membuat pangguna yang sedang online bisa chat dengan
temannya yang sedang online juga.
e) Pengguna
bisa membuat/bergabung dengan group kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang
memungkinkan pembagian informasi lebih spesifik, mudah, dan tepat sasaran.
· Kekurangan
a) Seringnya
facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna bingung.
b) Layout
yang tidak bisa diganti.
c) Alur
informasi masih kalah cepat dengan twitter.
· Twitter
Twitter
merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter Inc. Keguanaan twitter yaitu para pengguna dapat membaca dan mengirim
pesan atau tweet sepanjang maksimal 140 karakter. Selain itu pengguna dapat
melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan followers (pengikut).
twitter semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu jejaring sosial paling
populer di dunia. Pengertian twitter menurut andy shera dalam bukunya Step by
Step Internet Marketing adalah suatu website yang memberi fasilitas kepada
membernya untuk mengupdate kegiatannya sehari-hari. Berikut ini kelebihan dan
kekurangan twitter.
· Kelebihan
a) Menjangkau
tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga
menjadi lebih mudah.
b) Komunikasi
di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi berita-berita terupdate,
seperti terjadinya suatu bencana misalnya, lebih dahulu didapatkan infonya
melalui twitter.
c) Terdapat
fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang
sedang in atau happening dibicarakan oleh para pengguna twitter.
d) Dapat
memasarkan produk secara geratis
· Kekurangan
a) Setiap
tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja. Banyak symbol yang harus
diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lainlain.
b) Tidak
ada fitur Chatting seperti di facebook.
c) Ukuran
avatar (foto profil) kecil
· Youtube
Youtube
mernurut Anwari dan Java Creativity dalam bukunya 100 software downloader ajaib
mengatakan bahwa youtube ada sebuah situs web video sharing (berbagi video )
popular yang didirikan pada februari 2005 oleh tiga orang karyawan paypal yang
tidak bekerja lagi diperusahaan tersebut yaitu Chad Hurley, Steve chen, dan
jawed. Menurut perusahaan penelitian internet hitwise, pada Mei 2006
Youtube memiliki pangsa pasar 43 persen. Hal ini yang menjadi suatu peluang
bagi pengusaha dalam mempromosikan suatu produknya didalam youtube, baik dengan
cara beriklan pada situs ini maupun memasang iklan berbentuk video
yang kemudian diunggah kedalam situs youtube.
Adapun
beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan
produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara
mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana
iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya
sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam
tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial
untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau
mengeluarkan biaya yang banyak. Berikut ini kelebihan dan kekurangan youtube.
· Kelebihan
a) Bisa
melihat dan mengupload video yang kita suka
b) Sebagai
ajang promosi diri
c) Bisa
mendownload setiap video
d) Bisa
belajar streaming, banyak video bermanfaat
e) Ukurannya
ada yang HD, bisa di download videonya banyak
· Kekurangan
a) Bisa
disalahgunakan penggunanya
b) Banyak
informasi yang menyesatkan
c) Banyak
negara yang memblok Youtube
d) Karena
terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi
yang terupload
e) Gambarnya
tersendat sendat
f) Banyak
video dengan kualitas buruk
g) Tidak
cocok untuk slow conection
· Blog
Memiliki
blog bisnis dapat memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis baik kecil maupun
besar dengan anggaran pemasaran yang ketat. Jika suatu pengusaha tidak memiliki
web secara resmi atau bayar maka blog merupakan
alternatif yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan. Web Log atau yang
sering juga disebut BLOG adalah sebuah diary atau catatan-catatan pribadi yang
disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin
membacanya. Dapat juga berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja
dipublikasikan kembali dalam satu tempat. Blog sendiri memiliki ciri-ciri
secara umum yaitu sebagai berikut:
· Memiliki
Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
· Memiliki
tujuan
· Memiliki
isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
· Postingan
atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
· Isi
Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
Blog
memiliki kemiripan atau sama dengan situs-situs atau web yang sering temui di
internet. Materi dan konten merupakan kebebasan penuh dari sang pembuat blog.
tentu saja sangat disarankan lebih ke arah membagi pengetahuan yang bermanfaat.
Manfaat
blog dikalangan pembisnis yang paling utama adalah sebagai alat
promosi secara online di dunia dengan menggunakan fasilitas internet. Berikut
ini merupakan manfaat-manfaat lainnya dalam mempromosikan produk pada media
blog sebagai berikut:
1) Komunikasi
dengan Pelanggan
Blog
dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun
produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan
terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat
memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik
mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan. Salah satu contoh
perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan
pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya,
http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan berita dan perkembangan
terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur
produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang
terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara
perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.
2) Memperlihatkan
Kemampuan Perusahaan
Bagi
perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media untuk membangun
‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil
penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.
Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan
memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai
produk dan layanannya. Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya
cukup banyak membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP
dan MySQL di blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara
gratis dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya
mendapatkan tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan
membuat posting tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa
penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut.
3) Menarik
Perhatian Pelanggan
Perusahaan
dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk
yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang
menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai
contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun
opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film
yang akan dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang
yang tertarik untuk menonton film saat dirilis.
4) Meningkatkan
Penjualan
Buzz
Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords
merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan
kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer
kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan
efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload
softwarenya, berasal dari blog seseorang yang mereview software
ActiveWords. Bahkan sebuah review di USA Today dapat menaikkan
penjualan hingga 2.3 juta sehari.
5) Memperbaiki
Kesalahan
Perusahaan
Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang
dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini
mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah
satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan
menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut
menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat
salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang
sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan
akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen
dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan
berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan
cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera
melakukan perbaikan.
6) Sebagai
media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Bagi
internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan
kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala
hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun
kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan
melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada
akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan
· Google
Plus
Google
Plus merupakan jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google plus
dikeluarkan pada tanggal 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba
pada hari tersebut, pengguna Google plus diijinkan untuk mengundang
teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, sehari kemudian Google plus
diberhentikan, sebab pembuatan akun semakin membeludak.
Google
plus mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz,
dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles.
Google plus juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi
ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi (OS).
Manfaat
Google plus salah satunya adalah untuk mendapatkan income atau pendapatan.
Manfaat paling utama dari google plus dilihat dari penggunaannya sebagai usaha
adalah dari segi marketing, promo dan juga meningkatkan penjulanan. Saat
menjalankan bisnis, maka google plus dapat dimanfaatkan dalam pemasaran inline. Pada
dasarnya penggunaan promosi online dengan menggunakan google plus tidak ada
bedanya dengan media sosial lainnya, tetapi ada beberapa cara dalam menggunakan
google plus dengan baik untuk keperluan usama/ sebagai promosi usaha :
1) Tingkatkan
jumlah pertemanan pada aplikasi Google plus.
Dengan
semakin banyak teman dalam lingkaran (circle) pertemanan, maka kesempatan usaha
atau promosi usaha akan banyak dikenal banyak orang. Salah satu cara menambah
teman adalah dengan klik tulisan “tambah” tau “add” disisi kanan
dari nama profil yang ada.
2) Rutin
memposting mengenai produk yang dipromosikan
Memberi
pengetahuan mengenai produk (product knowledgw) kapada temanteman dilingkarang
Google plus. Sebab dengan member informasi mengenai manfaat, detail produk,
kelebihan dan cara penggunaan produk, membuat teman atau konsumen anda yang
berada di Google plus akan mengenal lebih mengenai produk yang sedang
dipromosikkan.
3) Tulis
mengenai tips yang berhubungan dengan produk yang dipromosikan
Memberikan
tips, trik, tutoeial menegenai produk yang dipromosikan merupakan cara terbaik
untuk memberikan pengetahuan mengenai produk tersebut. Selain itu, dapat
memperlihatkan kemampuan atau expertise mengenai bisnis yang sedang dijalnkan.
dengan memperlihatkan kemampuan serius dalam melakukan promosi produk, maka
akan membuat teman-teman pada Google plus percaya bahawa promosi ini serius dan
memiliki kemampuan yang dipercaya dalam menjalankan bisnis tersebut, dan calon
yang menjadi konsumen anda tidak akan ragu untuk memulai mengontak atau
berhubungan bisnis.
4) Membuat
google page dengan nama bisnis
Google
memiliki produk berupa google page. Dimana setiap pemilik Google account dapat
membuat beberapa dan digunakan sesuai keperluannya. Google page dapat dimanfaatkan
intuk mempromosikan usaha yang dilakukan, selain itu dapat meningkatkan
penjualan, Sebagai salah satu media komunikasi, media sosial tidak hanya
dimanfaatkan untuk berbagi informasi dan inspirasi, tapi juga ekspresi diri
(self expression), "pencitraan diri" (personal branding), dan ajang
"curhat" bahkan keluh-kesah dan sumpah-serapah. Status terbaik di
media sosial adalah update status yang informatif dan inspiratif.
Media Promosi yang Tepat Akan Berdampak Baik Pada Hasil
Membahas
media promosi, yang terpikir dalam diri adalah ragam benda yang biasa digunakan
untuk melakukan promosi. Seperti brosur, poster, flyer, spanduk, hingga
banner. Cetak keperluan
promosi dengan tepat dan benar, akan berdampak baik pada hasil akhir.
Promosi adalah salah satu cara untuk memperkenalkan produk usaha kita. Dengan
promosi maka produk akan lebih mudah dikenal masyarakat dan mudah mencapai ke
target konsumen. Oleh karena itu promosi sangatlah penting bagi perkembangan
sebuah usaha. Tidak ada bisnis yang sukses tanpa melakukan promosi. Kegiatan
promosi dapat dilakukan dengan ragam teknik. Seperti berikut ini media promosi
yang dapat digunakan.
1. Promosi Media Cetak
Promosi yang sampai saat ini terbilang efektif adalah menggunakan media promosi
dalam bentuk fisik atau dicetak. Seperti yang sering dilihat, mencetak media
promosi, cenderung lebih efektif. Sebab, dengan begitu calon konsumen dapat
membaca lebih detail mengenai penawaran yang diberikan. Media promosi yang
dimaksud seperti cetak brosur, flyer, poster, banner, spanduk, katalog, dan
lain sebagainya. Promosi menggunakan media cetak, hingga saat ini masih menjadi
pilihan bagi mereka yang akan melakukan pemasaran.
Jika Anda ingin melakukan promosi dengan media cetak, dapat mencetaknya
di Uprint.id. Tidak perlu datang langsung, Anda dapat mencetaknya
secara online. Dengan cara mengisi data di dalam website, kemudian Anda pilih
media promosi apa yang dibutuhkan. Setelah itu Anda dapat mengunduh gambar atau
desain ke dalam website.
2. Promosi Media Internet
Perkembangan teknologi telah merubah segalanya termasuk dalam bidang bisnis.
Namun ini sangat menjadi kemudahan untuk melancarkan proses jual beli. Beriklan
melalui media internet ini biasanya melalui banner website dan juga program
iklan berbayar lainnya seperti Google Ads dan Facebook Ads. Selain itu, Anda
juga dapat melakukan kegiatan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Ini
juga termasuk dalam promosi media internet. Melakukan kegiatan promosi seperti
ini juga terbilang efektif. Sebab, saat ini internet mendominasi kegiatan semua
orang. Tidak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak dan remaja juga
menggantungkan hari-hari mereka dengan internet.
3. Promosi Media Produk
Kegiatan promosi seperti ini juga tidak sedikit yang menggunakannya. Terutama
bagi mereka yang menjadi sponsor dalam sebuah acara. Anda dapat mengikuti cara
berbisnis yang satu ini. Cobalah untuk mencetak kaos, tas, atau produk lainnya
yang dapat dijadikan media promosi. Untuk hal yang satu ini disarankan
menggunakan media tas spunbond. Sebab, tas spunbond atau sejenis tote bag ini
akan efektif dan sering digunakan. Terutama bagi mereka yang mencintai
lingkungan dengan tidak atau membatasi penggunaan kantong plastik. Untuk hal
yang satu ini, Anda diharuskan melihat peluang yang menguntungkan.
4. Promosi Media Elektronik
Media elektronik juga menjadi salah satu cara ampuh untuk melakukan pemasaran
produk. Dengan menggunakan televisi misalnya, atau melalui radio. Promosi
menggunakan media elektronik ini membutuhkan budget yang tidak sedikit.
Terutama jika Anda memasang iklan di jam-jam tertentu atau saat primetime. Jam
primetime itu sekitar pukul 19:00 hingga 22:00 malam. Sebab, di jam-jam
tersebut orang akan lebih sering melihat televisi atau mendengarkan di radio.
Jika Anda ingin memasang iklan di waktu tersebut, siap-siap untuk merogoh kocek
yang dalam. Sebab, biaya pemasangan iklan di waktu tersebut sangatlah mahal.
Jika diperhatikan, perusahaan besar cenderung memasang iklan di jam-jam
tersebut. Terutama, perusahaan yang memiliki income besar.
Itulah
media promosi yang dapat Anda gunakan. Namun sebelumnya, Anda juga harus
memahami tujuan melakukan kegiatan promosi, sebelum membuatnya. Orang melakukan
promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi adalah
sebagai berikut :
1.
Untuk menyebarkan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial.
2.
Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut.
3.
Untuk menaikkan penjualan serta laba atau keuntungan.
4.
Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan
produk kompetitor.
5.
Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan
yang diinginkan.
6.
Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.
Tugas
kalian adalah membuat PPT dari materi tujuan dan jenis-jenis promosi dan
macam-macam media promosi lengkap dengan keunggulan dan kelemahan dari media
promosi tersebut
Komentar
Posting Komentar